Kompetensi Sekretaris Medik

Kompetensi seorang Sekretaris Medik harus lah mengetahui dan mengerti :

Korespondensi lisan dan tulisan
-Surat masuk&keluar
-Filling system

Pengelolaan administrasi pasien
-Perjanjian
-Penerimaan & flow pasien
-Medical Record

Pengelolaan administrasi praktek dokter
-Honorarium dokter
-Petty cash tempat praktek
-Pajak dokter

Pengelolaan keprofesian praktek dokter
-Keanggotaan di IDI
-Pendidikan dokter berkelanjutan
-presentasi dan laporan kasus

sekilas tentang sekmed

Gambaran tentang sekretaris medik

Sebagai seorang sekretaris medik, anda dapat bekerja di bagian administrasi rumah sakit, pelayanan kesehatan, atau sebagai tangan kanan dokter. Dan juga dapat bekerja di berbagai tempat, seperti praktek umum maupun pribadi, serta perusahaan farmasi.

Tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh seorang sekretaris medik adalah:

 memperbarui catatan pasien dengan tangan atau menggunakan sistem komputerisasi

 membuat janji

 mengirim surat ke pasien

 menangani pertanyaan dari pasien

 bertindak sebagai asisten pribadi ke konsultan atau layanan kesehatan manajer

 mengatur sistem filing

 pengiriman sampel untuk pengujian medis

 memastikan bahwa catatan yang di isi pasien benar

 menangani surat masuk dan keluar.

sekretaris medik yang profesional

Sebagai seorang sekretaris medik dituntut untuk menjadi profesional. “Profesional” mengacu pada sikap, bukan uraian pekerjaan. Adapun orang yang profesional itu, ciri-cirinya :

  1. Melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh, dan menganggapnya penting bagi kariernya
  2. Cukup peduli untuk menganilisis bagaimana cara agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih baik walaupun itu berarti mengadakan perubahan
  3. Mengerti bagaimana pekerjaan berhubungan dengan organisasi secara keseluruhan
  4. Mempunyai keyakinan dalam membagi ide, tujuan, semangat kepada orang lain.

Untuk itu sikap yang diperlukan untuk membuka pikiran dan semangat agar hasil kerja menjadi baik dan kehidupan lebih baik, serta menjadi pekerja yang profesional maka kembangkanlah sikap positif.

Sikap yang positif membantu Sekretaris untuk:

  1. Menganggap pekerjaan Sekretaris sebagai bagian dari susunan yang lebih besar dari perusahaan
  2. Memperlihatkan kemampuan ketika berhubungan dengan karyawan-karyawan lainnya dengan para pelanggan dan klien-klien
  3. Mengetahui bagaimana sikap Sekretaris mempengaruhi sikap dan penampilan orang lain.

Seorang sekretaris medik harus mampu membangun sikap profesional dalam bekerja, sekretaris yang dikatakan memiliki sikap profesional adalah:

  1. Memiliki pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang tinggi. Maksudnya dengan memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan ini memungkinkan seorang sekretaris dapat mengenali tugasnya dengan cepat, mampu mengatasi persoalan yang dihadapi, serta dapat mengambil solusi yang tepat.
  2. Memiliki komitmen moral yang mendalam. Setiap orang yang menjalankan profesi mempunyai aturan yakni kaidah moral yang sering disebut kode etik, kode etik ini menjadi pegangan dan menjadi tuntutan bagi seorang yang menjalankan profesi. Dengan kode etik yang didalamnya termuat komitmen moral, yang akan menentukan identitas dan perilaku moral.
  3. Pekerjaan membentuk identitas dan kematangan dirinya. Orang yang profesional adalah orang yang mempunyai komitmen pribadi yang mendalam terhadap pekerjaannya sehingga ia sadar dan yakin bahwa pekerjaannya telah menyatu dengan dirinya, dan pekerjaan itu pun membentuk identitas dan kematangan dirinya
  4. Memiliki disiplin kerja yang tinggi. Seorang yang profesional akan melibatkan seluruh dirinya dengan keahlian dan keterampilannya, serta menunjukan disiplin kerja yang tinggi demi keberhasilan pekerjaannya.
  5. Dapat diandalkan dan dipercaya. Masyarakat atau dunia bisnis memerlukan orang-orang yang profesional yang ahli dan terampilan melaksanakan tugasnya yang membawa hasil dengan mutu yang baik dan memuaskan. Maka pimpinan mempercayakan semua urusan administrasi kepada sekretarisnya sehingga pimpinan bisa berkonsentrasi dengan tugas- tugasmanajerialnya.
  6. Memiliki kepribadian yang menarik. Seorang sekretaris yang profesional tidak hanya dituntut mempunyai pengetahuan dan keahlian saja, tetapi juga dituntut mempunyai kepribadian yang sesuai dengan fungsi dan tugasnya.
  7. Pelayanan yang bermutu. Pelayanan yang bermutu merupakan wujud dan profesionalitasnya. Pelayanan yang bermutu dimulai dari cara berbicara atau penyampaian yang bermutu, bersikap dan berprilaku yang bermutu, hingga tugas yang dihasilkan juga bermutu
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s